Jumat, 19 Oktober 2012

Beberapa penyakit pada sistem Ekskresi manusia


ekskresi yaitu sistem pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yg telah tidak dipakai lg oleh tubuh. zat-zat yg mesti diekskresi yaitu co2, h2o, amonia, urea, asam urat, serta zat warna empedu.

sistem ekskresi pada manusia tidak selamanya dapat jalur dengan normal. pada kondisi spesifik, sistem tersebut dapat alami kelainan sampai mengubah kerja alat tubuh yang lain. dibawah ini beberapa kelainan/penyakit yang berjalan pada sistem ekskresi manusia.


nefritis

nefritis ( radang ginjal ) yaitu penyakit yang karena oleh infeksi bakteri streptococcus. nefritis gawat seringkali berjalan pada orang lanjut usia ( manula ). penyakit ini ditandai dengan tekanan darah yang tinggi, pengerasan pada pembuluh darah ginjal, serta rusaknya dibagian glomerulus dan tubulus.

rusaknya glomerulus dapat menyebabkan urea dan asam urat masuk kembali ke didalam darah. momen demikian yang dimaksud uremia. ada urine di dalam darah dapat menyebabkan terganggunya sistem penyerapan air sampai berjalan penimbunan air di kaki atau disebut edema.

albuminaria

albuminaria yaitu satu kelainan yang ditandai dengan terdapatnya albumin pada protein di dalam urine. keadaan demikian berjalan dikarenakan ada rusaknya pada alat filtrasi ginjal.

diabetes melitus

diabetes melitus yaitu satu penyakit yang ditandai dengan terdapatnya glukosa ( gula ) di dalam urine. diabetes melitus sering dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula. penyakit tersebut berjalan dikarenakan sedikitnya hormon insulin yang diproduksi oleh kelenjar pankreas sampai sistem pengubahan gula lantas glikogen tidak optimal.

diabetes melitus terhitung penyakit keturunan. penyakit tersebut dapat diatasi dengan kerjakan diet ketat di bawah pengawasan dokter dan terapi hormon insulin. dengan kerjakan kegiatan ini, di idamkan kandungan gula di dalam darah pasien dapat alami penurunan.

diabetes insipidus

diabetes insipidus yaitu satu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya produksi urine 20 hingga 30 kali dari kondisi normal. problem tersebut berjalan dikarenakan sedikitnya hormon antidiuretika ( adh ) yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. adh atau disebut juga vasopresin yaitu hormon yang bertindak untuk menghambat pengeluaran urine oleh ginjal.

batu ginjal

batu ginjal yaitu satu penyakit yang mengakibatkan urine sulit keluar dan dapat mengakibatkan rasa sakit. keadaan tersebut berjalan karena ada gumpalan-gumpalan kalsium fosfat yang membatu dan menyumbat saluran kencing. batu ginjal dapat berjalan karena kebiasaan menahan-nahan buang air kecil dan kurang minum.

oligouria

oligouria yaitu satu kelainan yang ditandai dengan sedikitnya produksi urine. kelainan tersebut berjalan dikarenakan ginjal alami rusaknya. pada saat spesifik, seseorang mungkin tidak bisa untuk membuahkan urine walaupun. kondisi itu dikenal dengan istilah anuria.

poliuria

poliuria yaitu satu kelainan yang ditandai dengan pengeluaran urine didalam jumlah yang sangat banyak dan encer. problem tersebut dapat berjalan karena kemampuan nefron untuk kerjakan reabsorpsi sangat rendah.

ginjal kronik

ginjal kronik sering disebut dengan gagal ginjal. ginjal kronik yaitu rusaknya kritis pada ginjal sampai ginjal tersebut tidak dapat kerjakan tugasnya. kondisi demikian menyebabkan darah mempunyai kandungan urine sampai dapat meracuni tubuh. ginjal kronik dapat diatasi melalui sistem dialisis ( bersihkan darah ). sistem tersebut dapat ditangani pakai mesin dialisis ( kidney dialysis machine ), yaitu satu mesin yang dapat menukar manfaat ginjal. sistem pembersihan darah pakai mesin dialisis dikenal dengan istilah hemodialisis.

penyumbatan pembuluh empedu

penyumbatan pembuluh empedu dapat karena oleh lemak atau batu empedu. dikarenakan penyumbatan tersebut empedu tidak dapat masuk ke didalam usus, tetapi masuk ke didalam pembuluh darah. kondisi demikian menyebabkan darah lantas berwarna kekuningan dan feses berwarna coklat abu-abu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...