Jumat, 19 Oktober 2012

Gagal ginjal dan Cuci darah (Dialisis)


bicara perihal gagal ginjal, pasti didalam benak kita dapat jamant kaitannya dengan bersihkan darah ( dialisis ). sayang nya cost untuk bersihkan darah di negara kita tetap cukup mahal dirasa, terlebih untuk golongan menengah kebawah.

bila tugas ginjal untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolik yang beracun dan terlalu berlebih cairan dari tubuh sudah sangat alami penurunan ( lebih 90 persen ) sampai tidak bisa lagi membuat perlindungan kelangsungan hidup pasien gagal ginjal, lantas harus ditangani dialisis ( bersihkan darah ) sebagai terapi pengganti manfaat ginjal. ada dua jenis dialisis, yaitu : hemodialisis ( bersihkan darah dengan mesin dialiser ), dan dialisis peritonial ( bersihkan darah melalui perut ).


hemodialisis klinis

1. hemodialisis klinis di tempat tinggal sakit

langkah yang umum ditangani untuk menangani gagal ginjal di indonesia yakni pakai mesin bersihkan darah ( dialiser ) yang bertindak sebagai ginjal buatan. darah dipompa keluar dari tubuh, masuk ke mesin dialiser untuk dibersihkan melalui sistem difusi dan ultrafiltrasi dengan dialisat ( cairan khusus untuk dialisis ), lalu dialirkan kembali kedalam tubuh. sistem bersihkan darah ini ditangani 1-3 kali 1 minggu di rumahsakit, dan setiap waktunya memerlukan waktu kurang lebih 2-5 jam. namun, tidak cuma diperlukan berulang ( 8-10 kali per bln. ) buat mereka yang mengidap problem jantung, stroke, atau berusia lanjut, hemodialisis klinis dapat membebani kerja jantung pada waktu sistem pemerasan cairan tubuh untuk dibersihkan selama lima jam.

agar prosedur hemodialisis dapat jalan, perlu dibuatkan akses untuk keluar-masuknya darah dari tubuh. akses tersebut dapat berupa sesaat ( temporer ) maupun menetap ( permanen ). akses temporer berupa kateter yang dipasang pada pembuluh darah batik ( vena ) di area leher. tetapi akses permanen biasanya dibikin dengan akses fistula, yaitu menghubungkan diantara pembuluh darah batik dengan pembuluh darah nadi ( arteri ) pada lengan bawah, yang dikenal dengan nama cimino. untuk menegaskan aliran darah pada cimino terus lancar, dengan berkala perlu di cek ada getaran yang disebabkan oleh aliran darah pada cimino tersebut.

untuk menghindar berjalannya infeksi, baik kateter ( untuk akses temporer ) maupun cimino ( untuk akses permanen ) perlu dirawat dengan baik. untuk perawatan kateter, lakukan tindakan tersebut :

jangan sampai menyentuh kateter,
jangan sampai membiarkan kateter tergesek atau terdorong oleh benda apa pun, layaknya baju ketat yang mungkin anda pakai,
jaga agar kateter selalu kering, dan
bersihkan tangan anda sesering barangkali.
tetapi untuk perawatan cimino, lakukan sebagai berikut :

jangan sampai gunakan baju ketat atau perhiasan di area area cimino,
bersihkan tangan sesering nya dan jaga agar area cimino dan sekitarnya terus bersih,
jangan sampai kerjakan tindakan mengukur tekanan darah, mengambil darah, atau infus pada lengan yang terpasang cimino.
terkadang pasien gagal ginjal akut perlu lakukan bersihkan darah sekedarnya, mungkin 1-2 mungkin. tetapi pasien gagal ginjal gawat harus menjalaninya seumur hidup sebelum akan beroleh ginjal cangkokan. biayanya kurang lebih lima ratus ribu rupiah sampai satu juta rupiah sekali bersihkan, biaya perawatan per bln. bisa menggapai 4-5 juta rupiah. di indonesia, dari kurang lebih 70 ribu pasien gagal ginjal hanya kurang lebih 10 persen yang beroleh pengobatan dengan bersihkan darah ( kompas, 10 maret 2007 ).

2. dialisis peritoneal mandiri terkait atau capd ( continous ambulatory peritoneal dialysis )

dialisis peritoneal yakni metode bersihkan darah dengan pertolongan membran selaput rongga perut ( peritoneum ), sampai darah tidak butuh lagi dikeluarkan dari tubuh untuk dibersihkan layaknya yang berjalan pada mesin dialisis. capd yakni pengembangan dari apd ( automated peritoneal dialysis ), yang dapat diakukan di area tinggal waktu malam hari pada waktu tidur dengan pertolongan mesin khusus yang sudah diprogram terutama dulu.

lihat kenyataan di atas, maka kita butuh untuk mengantisipasi datangnya penyakit gagal ginjal ini sedari awal. atau apabila anda tengah menderita penyakit masalah manfaat ginjal ini, butuh dicari obat mujarab untuk gagal ginjal yang safe serta terus alamiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...