Sabtu, 20 Oktober 2012

Gagal ginjal kronik dan cara menanganinya


apakah anda dulu lihat orang atau rekan anda lakukan bersihkan darah dengan teratur serta barangkali tengah berencana satu operasi cangkok ginjal ? barangkali kelihatannya sederhana, karena saat anda ajukan pertanyaan pada pasien atau keluarganya.. ”mau keman ?’ mereka menjawabnya santai saja, ”oh akan hd dulu”. ya hd yaitu singkatan dari hemodyalisis atau bersihkan darah. terapi hd umumnya diberikan pada pasien gagal ginjal terminal atau stadium akhir.


sesungguhnya sebelum saat hingga ke taraf bersihkan darah dengan teratur, umumnya pasien serta keluarga sudah lakukan banyak usaha, perjuangan, serta pengorbanan, dari segi waktu, tenaga, ataupun cost sejak timbulnya gejala/keluhan sampai hd teratur. dari sisi pendanaan, hd teratur dapat amat menyedot cadangan dana keluarga ( apabila tidak ditanggung asuransi ) sampai-sampai banyak salah satunya meraih keadaan keuangan gawat, yang semula barangkali keluarga tersebut tergolong”mampu”. kenapa demikianlah ? perihal ini dikarenakan cii-ciriistik penyakit ini dengan progresivitas penurunan manfaat ginjal yang berlainan, yakni bisa berkembang cepat atau lambat. apabila berkembang cepat, maka episode sejak tak ada keluhan sampai timbul keluhan mudah hingga berat membutuhkan waktu sebagian bln. saja. namun pada yang lambat, maka pasien dapat alami episode yang panjang ( satu tahun lebih atau sebagian puluh th. ) sejak tak ada keluhan hingga timbul keluhan-keluhan yang lantas jadi keluhan berat.

gagal ginjal kronik biasanya dikarenakan akhir dari kehilangan manfaat ginjal lanjut dengan bertahap ( doenges, 1999 ; 626 )
kegagalan ginjal kritis berjalan jika ginjal sudah tidak bisa melindungi lingkungan internal yang berkepanjangan dengan kehidupan dan pemulihan manfaat tidak dimulai. biasanya individu transisi dari sehat ke status gawat atau penyakit yang menetap sangat lamban dan menanti 1 tahun lebih. ( barbara c long, 1996 ; 368 )

gagal ginjal kritis atau penyakit renal step akhir ( esrd ) yaitu problem manfaat renal yang progresif dan irreversible dimana kemampuan tubuh gagal untuk melindungi metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan uremia ( retensi urea dan sampah nitrogen lain di dalam darah ). ( brunner & suddarth, 2001 ; 1448 )
gagal ginjal kronik yaitu pergantian gagal ginjal yang progresif dan lambat, biasanya jalan 1 tahun lebih. ( price, 1992 ; 812 )

penanganan gagal ginjal kritis diantaraya dengan langkah-cara tersebut :

1. dialisis ( bersihkan darah )
2. obat-obatan : antihipertensi, suplemen besi, agen pengikat fosfat, suplemen kalsium, furosemid ( menolong berkemih )
3. diit rendah protein serta tinggi karbohidrat
4. transfusi darah
5. transplantasi ginjal

atau anda dapat mengambil jalan keluar lain dengan terapi untuk menyembuhkan penyakit ginjal yang lain yang pas dengan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...